iklan

Minggu, 15 Januari 2012

Penawaran umum terbatas (right issue)


Right issue adalah suatu cara bagi meiten untuk meningkatkan jumlah modal disetornya dengan memberikan penawaran terlebih dahulu kepada pemegang saham lama untuk menambah modalnya di perusahaan tersebut . jika seorang investor tidak menggunakan hak tersebut maka ia dapat menjual hak tersebut sehingga muncul periode right issue.
Right issue erat kaitannya dengan pre-emptive right (hak yang dimilki oleh pemegang saham untuk memepertahankan persentase sahamnya.apabila suatu perusahaan yang telah melakukan penawaran umum saham  atau perusahaan publik bermaksud untuk meenambah modalnya ,termasuk melalui penerbitan waran atau efek konversi,maka setiap pemegang saham harus diberi hak memesan efek terlebih dahulu sebanding dengan persentase kepemilikan mereka.
Ada beberapa alasan emitten melakukan right issue. Secara umum right isssue ditujukan untuk memperkuat permodalan suatu perusahaan. Dana dari hasil right issue dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya melakukan ekspansi  usaha, melunasi pembayaran utang atau akuisisi internal. Beberapa emiten melakukan right issue untuk memperkuat struktur modal dan meningkatkan rasio kecukupan modal (CAR).
Right issue dan kepentingan investor
Rencana right issue ditanggapi oleh investor dengan berbagai tanggapan, sama halnya dengan ketika mereka mau investasi pertama kali. Investor harus menelaah tentang rencana right issue minimal mengenai hal-hal berikut:
a.       Latar belakang dilakukannya right issue
b.      Tujuan right isssue
c.       Rencana penggunaaan hasil right issue
d.      Kinerja keuangan emiten setelah right issue
e.       Harga pelaksanaan dan rasxo right issue
Hasil penelaahan atas rencana right issue tersebut harus dikaitkan dengan tujuan investasi sang investor,jangka waktu investasi,dan pengruh right issue terhadap nilai investasinya. Investor jangka panjang yang ingin mempertahankan tingkat kepemilikannya harus menggunakan haknya untuk membeli tambahan saham.
Ketentuan pelaksanaan right issue
            Ada beberapa ketentuan yang terkait dengan right issue yaitu:
1)      Harus disetujui oleh RUPS
2)      Harga pelaksanaan right issue tidak boleh lebih dari  nilai nominal
3)      Dalam peraturan bapepam tentang hak memesan efek terlebih dahulu yang menyatakan baheea emiten harus melaporkan kepada bapepam tentang rencana right issue selambat lambatnya 28 hari sebelum RUPS.
Haraga teoritis akibat right issue
            Sesuai dengan ketentuan yang di atur melalui peraturan perundang-undangan BEI No.II-A lampiran II-A.1. ditentukan tata cara perhitungan harga teoritis harga hasil right issue dengan formula sebagai berikut:
keterangan:
Pc = kurs penutupan saham pada hari bursa terakhir sebelum hak memesan efek terlebih    dahulu diterbitkan
Ps = harga pelaksanaan per saham
N = ratio jumlah saham lama yang diperlukan untuk mendapatkan sejumlah hak memesan efek terlebih dahulu
M = jumlah saham baru hasil pelaksanaan hak memesan efek terlebih dahulu berdasarkan pelaksanaan satu hak memesan efek terlebih dahulu memperoleh satu saham  baru.
            Setelah penjatahan  HMTED selesai dilaksanakan ,maka emiten harus menunjuk akuntan publik yang terdaftar di bapepam utuk melakukan audit khusus pelaksanaan HMTED tersebut. Laporan hasil audit tersebut harus disampaikan kebapepam dalam jangka waktu 30 hari setelah sejak tanggal penjatahan berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda